Pages

Wednesday, December 5, 2018

Sektor Pariwisata dan Industri Jadi Kunci agar Ekonomi RI Stabil

Sebelumnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan, konsumsi rumah tangga menjadi kunci ekonomi Indonesia mampu tumbuh stabil di kisaran 5 persen. Hal ini yang tidak dimiliki oleh negara-negara anggota G20 lain.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Askolani mengatakan, selama ini konsumsi rumah tangga Indonesia konsisten berada di kisaran 5 persen. Dengan tingkat konsumsi ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa terjaga stabil di level 5 persen.‎

"Konsumsi rumah tangga konsisten 5 persen. Pertumbuhan ekonomi Indonesia juga stabil di 5 persen karena dipacu oleh konsumsi rumah tangga. Negara lain yang ekonominya ditopang oleh ekspor seperti Singapura, begitu terjadi gejolak global, dia langsung turun. Tapi kita tidak," ujar dia di Nusa Dua, Bali, Rabu 5 Desember 2018.

Seperti saat krisis ekonomi di 2008, lanjut dia, Indonesia menjadi satu-satunya negara di G20 yang pertumbuhan ekonominya tetap stabil. Bahkan kemudian pola pendorong ekonomi Indonesia dijadikan acuan bagi negara-negara lain.

"Saat krisis beberapa tahun lalu, eknomi negara-negara anggota G20 turun, hanya Indonesia yang ekonominya survive. Dan sekarang juga pertumbuhan ekonomi Indonesia juga stabil di 5 persen," ungkap dia.

Menurut Askolani, salah satu pendorong konsumsi rumah tangga Indonesia tetap stabil yaitu adanya sejumlah bantuan sosial yang diberikan pemerintah kepada masyarakat, khususnya golongan bawah. Bantuan sosial tersebut mampu menjaga tingkat konsumsi rumah tangga tetap tinggi.

"Dengan bantuan yang konsisten ini bisa mengentaskan kemiskinan. Kalau data (masyarakat miskin) kita salah ini tidak akan nendang. Kita bisa sinergi. Ini menyebabkan kemiskinan menurun," tandas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Ekonomi Indonesia diperkirakan masih dapat catatkan pertumbuhan baik pada 2018. Adanya momen pemilihan kepala daerah (Pilkada) diharapkan dapat dongkrak konsumsi masyarakat Indonesia sehingga berdampak ke pertumbuhan ekonomi.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2KYahtu
December 05, 2018 at 05:56PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2KYahtu
via IFTTT

No comments:

Post a Comment