Pages

Tuesday, November 27, 2018

Pelajaran Moral dari Cerita Korupsi 10 Dolar di Singapura

Kemudian, lanjut Syarif, sesampainya di rumah, pekerja tersebut melapor ke sang majikan soal dirinya yang memberi uang 10 dolar kepada penjaga stasiun agar tak didenda. Sang majikan pun langsung menelepon Corrupt Practices Investigation Bureau (CPIB) untuk melaporkan hal tersebut.

"Pembantunya ini pintar, dia laporkan kepada majikannya. Majikannya telepon CPIB, diinvestigasi sama mereka," ucapnya.

Dia mengaku pernah bertemu dengan orang yang menginvestigasi kasus tersebut. Syarief menanyakan berapa biaya yang dikeluarkan untuk mengusut kasus itu, yang diduga lebih besar dari 10 dolar.

Jawabannya pun menjadi pelajaran moral bagi penegakan hukum di Indonesia. 

"Terus dia bilangnya yang penting itu bukan soal 10 dolarnya, tetapi bagaimana kalau sistem kita yang seperti itu rusak gara-gara 10 dolar. Jadi pantas saja corruption perception index Singapura itu selalu di atas 10 besar, karena pelayanan publiknya tidak ditolerir lagi yang tadi itu, 10 dolar seperti itu," Laode memungkasi.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2FKq6VN
November 27, 2018 at 06:24PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2FKq6VN
via IFTTT

No comments:

Post a Comment