Pages

Saturday, May 25, 2019

Libur Lebaran, RSHS Tingkatkan Kesiagaan Pelayanan Kesehatan

Hal itu disebabkan kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan di RSHS menjelang dan setelah libur Lebaran tetap banyak. Contohnya pada 2018, tercatat jumlah kunjungan pada H-7 hingga H+7 Idul Fitri rata-rata 116,37 pasien per hari dengan jumlah 1.862 pasien.

"Tiga diagnosis terbanyak secara berurutan adalah trauma kepala, dispepsia dan hipertensi," ujar Direktur Utama RSHS Nina Susana Dewi. Sehingga pelayanan kesehatan selain rawat medis jalan sanagat diperlukan.

Nina, melanjutkan, pelayanan lain yang tetap beroperasional di antaranya  Instalasi Gawat Darurat (IGD) 24 jam, COT Emergency-Bedah Sentral untuk operasi CITO, pelayanan rawat inap dan intensif, pelayanan hemodialisa, serta pelayanan penunjang lainnya seperti radiologi, laboratorium, CSSD, Binatu, dan Farmasi.

Untuk pelayanan IGD, jelas Nina, RSHS telah menetapkan siaga lebaran mulai H-7 sampai dengan H+7. Beberapa hal yang telah disiapkan di antaranya jadwal petugas on site dan on call, kesiapan kemungkinan peningkatan kasus kecelakaan lalu lintas (KLL) serta kesiapsiagaan bila terjadi korban massal.

"Apabila diperlukan akan memanggil petugas medis seperti perawat atau dokter dari ruangan lain ke IGD. Itu jika jumlah pasien yang datang benar-benar membludak. Mudah - mudahan ini tidak terjadi," Nina menerangkan

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2EsRp3N
May 25, 2019 at 03:00PM from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com http://bit.ly/2EsRp3N
via IFTTT

No comments:

Post a Comment