Pages

Tuesday, April 2, 2019

Indo Barometer: Kemenangan Jokowi Bisa Batal Jika Angka Golput Tinggi

Liputan6.com, Jakarta - Hasil survei sejumlah lembaga memprediksi pasangan capres-cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf bakal memenangkan Pilpres 2019. Salah satunya adalah Indo Barometer dengan proyeksi perolehan suara mencapai 61,3 persen untuk Jokowi-Maruf dan pasangan Prabowo-Sandi hanya 38,7 persen.

Sementara itu survei elektabilitas kedua pasangan ini, Jokowi-Ma'ruf (50,8 persen) masih unggul dibandingkan Prabowo-Sandi (32 persen).

Namun pasangan Jokowi-Ma'ruf belum aman jika angka golput pada hari pencoblosan 17 April mendatang masih tinggi. Demikian disampaikan peneliti Indo Barometer, Hadi Suprapto Rusli, saat pemaparan hasil survei di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (2/4).

"Kemenangan bisa batal jika 40 persen angka golput di pemilih Jokowi. Kalau kita lihat tren, pemilih Prabowo solid dan jika pemilih Jokowi tidak banyak datang ke TPS itu bisa jadi variabel kekalahan," jelasnya.

Tingginya angka golput, lanjut Hadi, jelas akan merugikan pasangan Jokowi-Ma'ruf. Pemilih nomor urut 01 bisa menjadi kunci yang bisa membatalkan kemenangan pasangan ini jika kebanyakan mereka justru tak datang ke TPS.

Berdasarkan rekam jejak, koalisi Gerindra-PKS dinilai sangat solid dan pendukungnya memiliki militansi tinggi sehingga ini berpotensi mengalahkan pasangan Jokowi-Ma'ruf.

"Kita hanya memprediksi ya, kita hanya memprediksikan kalaupun itu mencapai 40 persen maka itu yang perlu di-warning oleh Pak Jokowi, itu bisa kalah di situ," ujarnya.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2JYjyVW
April 02, 2019 at 05:26PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2JYjyVW
via IFTTT

No comments:

Post a Comment