Pages

Saturday, April 27, 2019

Apa Kabar Program Kelistrikan 35 Ribu MW?

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah terus mendorong program pembangunan infrastruktur untuk memenuhi kebutuhan energi masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah program kelistrikan 35 ribu Mega Watt (MW).

Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ego Syahrial menjelaskan mengenai realisasi program 35 ribu MW. Untuk pembangkit listrik hingga kuartal I 2019 sudah beroperasi 3.467 MW. Sedangkan yang dalam tahap konstruksi di angka 20.126 MW.

"Untuk lainnya masih dalam tahap perencanaan dan lelang," kata Ego, dikutip dari situs resmi Kementerian ESDM, Jakarta, Sabtu (27/4/2019).

Ego pun mengharapkan, pada 2024 atau 2025 target kelistrikan 35 ribu MW bisa tercapai 100 persen sehingga pemerataan kelistrikan dapat rasakan oleh seluruh masyarakat.

"Setiap orang membutuhkan listrik. Listrik dianggap bisa mengubah peradaban. Terkait infrastruktur, yang pertama tugas kita adalah penyediaan listrik," tuturnya.

Hingga Kuartal I 2019, pemerataan kelistrikan (rasio elektrifikasi) sudah melebihi target. Capaian rasio elektrifikasi secara nasional adalah 98,5 persen, di atas target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2018 sebesar 97,5 persen.

"Capaian rasio elektrifikasi saat ini 98,5 persen telah melampaui target. Namun, masih ada sekitar 1,2 juta rumah tangga yang belum memperoleh listrik. Target kami tahun ini adalah mewujudkan rasio elektrifikasi hingga 99,9 persen," tuturnya.

Menurut Ego, dengan prinsip energi berkeadilan, Kementerian ESDM terus berupaya menyediakan energi ke seluruh pelosok nusantara, tantangannya tak hanya menyediakan energi secara merata tapi juga dengan harga yang harus terjangkau. Pembangunan infrastrukur dan program pro rakyat, itu yang dipercepat dan diperluas.

"Tantangannya adalah bagaimana cara menyediakan energi secara merata ke seluruh pelosok negeri, tetapi dengan harga yang terjangkau. Dengan meratanya energi hingga ke lokasi-lokasi terpencil, akan mendorong pertumbuhan lapangan pekerjaan, perekonomian, dan investasi serta kehidupan masyarakat yang lebih produktif," tandasnya.

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2ZI73Sf
April 27, 2019 at 04:43PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2ZI73Sf
via IFTTT

No comments:

Post a Comment