Pages

Tuesday, April 2, 2019

5 Fungsi Plasma Darah, Tak Kalah Penting dari Sel Darah Lain

Sebanyak 55 persen dari volume darah terdiri dari plasma darah. Plasma terdiri dari sekitar 90% cairan. Plasma darah juga mengandung garam dan enzim dan memiliki antibodi yang membantu melawan infeksi, ditambah protein yang disebut albumin dan fibrinogen.

Komponen plasma darah yang berupa air ini membantu mengisi pembuluh darah, yang membuat darah dan nutrisi lainnya bergerak melalui jantung. Sisa 8 persen plasma darah mengandung beberapa bahan utama, termasuk protein,imunoglobulin, dan elektrolit.

Ketika darah dipisahkan menjadi komponen-komponen utama, termasuk sel darah merah dan plasma, plasma akan terlihat seperti cairan berwarna kuning.

Protein dan antibodi dalam plasma juga digunakan untuk membuat terapi untuk kondisi kronis yang langka, seperti gangguan autoimun dan hemofilia. Orang dengan kondisi ini dapat hidup lama dan produktif karena perawatan ini. Bahkan, beberapa organisasi kesehatan menyebut plasma "the gift of life"

Seperti apa fungsi dari plasma darah sesungguhnya sehingga membuat orang mulai mendonorkan plasma darahnya? Berikut fungsi plasma darah dilansir Liputan6.com dari Live Strong, Selasa (2/4/2019).

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2FQIJFz
April 02, 2019 at 02:50PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2FQIJFz
via IFTTT

No comments:

Post a Comment