Pages

Tuesday, December 4, 2018

Wawancara Teco: Target Persija Jakarta Sudah Tercapai

Banyak pemain Persija bagus musim ini, seperti Riko Simanjuntak atau bahkan Michael Orah yang berkembang baik di akhir musim. Seandainya Anda tetap bersama Persija pada musim depan, apakah Anda sudah melihat pemain-pemain mana yang harus dipertahankan? 

Setiap klub di mana saya bekerja selalu memiliki evaluasi sendiri, termasuk di sini. Seperti musim lalu, begitu selesai saya memberitahu manajemen siapa saja pemain yang saya inginkan untuk bertahan dan siapa saja pemain yang lebih baik keluar. Namun, pada akhirnya memang semua tergantung kepada manajemen.

Seperti yang terjadi di akhir musim lalu. Saya sudah memberikan daftar pemain yang harus bertahan dan yang harus keluar. Namun, ada pemain yang saya minta bertahan ternyata dilepas. Ada pula pemain yang saya ingin lepas tapi tetap dipertahankan. Semua akan kembali ke manajemen.

Melihat Persija akan tampil juga di Piala AFC, kompetisi banyak dan artinya butuh pemain yang lebih siap bermain di banyak pertandingan. Apakah Anda tertarik untuk mendatangkan pemain naturalisasi untuk menyiasati regulasi pembatasan pemain asing?

Ketika ada pemain asing memiliki paspor Indonesia dan dia punya kualitas, tim mana pun di Indonesia membutuhkannya. Ia memiliki fisik dan mental sebagai pemain asing, tapi mereka sudah memiliki pengalaman bermain di Indonesia. Sudah punya bahasa Indonesia yang bagus sehingga mudah berkomunikasi dan sudah beradaptasi.

Saya yakin tim pasti akan lebih kuat. Kompetisi AFC akan dimulai pada Februari. Tentu kami tidak punya banyak waktu untuk latihan, apalagi beradaptasi. Pasti banyak perubahan di dalam tim karena banyak pemain yang keluar dan masuk.

Tentu akan butuh mengatur lagi tim ini. Ketika Anda tak punya banyak waktu, lebih baik Anda mendapatkan pemain yang sudah mengenal karakter kompetisi ini sehingga tidak butuh adaptasi lagi.

Perubahan skuat setiap tahun memang tidak bisa dihindari, apalagi Persija akan main di kompetisi AFC. Namun, Persija juga masih bermain di Piala Indonesia 2018, dan pertandingan finalnya baru akan digelar pada Maret 2019. Apakah terganggu?

Tentu saja. Pemain pasti ingin libur begitu kompetisi ini selesai, dan jadwal Piala Indonesia itu tentu mengganggu. Saya melihat Piala Indonesia itu adalah kompetisi yang potensinya sangat bagus, tapi saya tidak mengeri kenapa terus menunggu dan menunggu jadwal. Saya merasa kasihan dengan kompetisi ini.

Tim-tim Liga 1 tidak bisa menggunakan pemain asing karena mereka pasti mau pulang dulu untuk liburan setelah pertandingan terakhir liga. Semua berakhir tanggal 9 Desember, tanggal 10 pemain-pemain asing itu mau pulang dulu.

Tentu kasihan kompetisi ini karena sebenarnya ini bagus, hanya saja klub jadi tidak bisa menggunakan pemain terbaiknya ketika melihat jadwal kompetisi.

Lalu bagaimana Anda akan menyiasati Persija di Piala Indonesia?

Saya nanti ingin menggunakan pemain yang siap bekerja keras dan memiliki semangat. Saya tidak mau memainkan pemain yang sudah berpikir untuk libur. Saya lebih baik tidak memainkan pemain itu dan menggunakan pemain yang siap bekerja keras untuk bermain.

Tapi memang harus diakui bahwa tahun sudah berakhir tapi Piala Indonesia masih berlanjut sampai Maret. Seharusnya operator melihat bahwa pemain memiliki kontrak. Dan akhirnya kasihan kompetisi yang bagus ini. Harus lebih pintar untuk mengatur jadwal.

Pemain asing sudah mau libur, tentu mereka mau pulang. Saya pun punya keinginan seperti itu. Namun, saya siap untuk terus bekerja dan menggunakan pemain-pemain yang siap untuk bekerja keras bersama saya. Kami punya daftar pemain untuk Piala Indonesia, dan ada empat pemain muda di salamnya. Saya harus memakai pemain yang ada untuk bisa terus berkompetisi di sana.

Striker Persija, Marko Simic yakin Persija Jakarta akan meraih kesuksesan bersama pelatih Teco

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2PiZtH7
December 04, 2018 at 08:45PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2PiZtH7
via IFTTT

No comments:

Post a Comment