Pages

Monday, December 10, 2018

[Cek Fakta] Benarkah Nusron Wahid Tantang OPM, Fakta atau Hoaks?

Gambar yang viral di facebook tersebut ternyata tidak benar atau hoaks. Kantor berita jawapos.com sama sekali tidak pernah menayangkan berita tentang Nusron yang menyebut Banser tidak terima dilicehkan OPM.

Hal ini sebagaimana yang ditulis dalam sebuah berita di jawapos.com berjudul 'Catut JawaPos.com, Penyebar Hoax Pelintir Pernyataan Nusron Wahid'. Artikel itu dimuat pada Jumat 7 Desember 2018.

Nusron Wahid menjadi korban penyebaran hoax yang mencatut namanya. Dia disebut marah lantaran Banser dilecehkan OPM. Kabar palsu tersebut diunggah akun Facebook Dyan Alkarna (fb.com/dyan.alkarna) dengan cara merekayasa screenshot berita, kemudian diberi label JawaPos.com.

Berita palsu itu diberi judul Nusron Wahid Purnomo; Saya tidak terima Banser dilecehkan OPM, sayalah orang pertama di barisan depan bila di kirim ke Papua. Berita tersebut diberi tanggal 11 September 2018.

Tangkapan layar berita itu sebenarnya sudah mencurigakan. Nama tokoh GP Ansor yang sebenarnya hanya Nusron Wahid diberi embel-embel Purnomo. Saat ditelusuri, situs Jawapos.com sama sekali tidak pernah memuat berita seperti itu.

Melalui pelacakan sumber gambar, Dyan akhirnya ketahuan mencomot foto Nusron Wahid yang sedang wawancara doorstop itu dari media situs Merdeka.com. Judul berita asli dari foto tersebut, Nusron wahid: kalau tak dukung Ahok apa kata dunia.

Selain itu, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo) melalui akun twitter dan facebooknya juga mengklarifikasi perihal berita hoaks tersebut. Akun tersebut menyebut bahwa unggahan tersebut merupakan konten yang dimanipulasi.

Foto Nusron yang ada di gambar hoaks tersebut ternyata hasil suntingan. Foto tersebut berasal dari sebuah berita di merdeka.com dengan judul 'Nusron Wahid: Kalau tak dukung Ahok apa kata dunia'. Berita itu ditayangkan merdeka.com pada Rabu 5 Oktober 2016 silam.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2QkrXFT
December 10, 2018 at 05:56PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2QkrXFT
via IFTTT

No comments:

Post a Comment