Pages

Saturday, May 18, 2019

Ikan Teri dan Cumi Mengandung Formalin Ditemukan di Pasar Argosari Gunung Kidul

Fokus, Yogyakarta - Sejumlah makanan mengandung zat berbahaya ditemukan BBPOM Yogyakarta saat menggelar razia di sejumlah pasar. Salah satunya di Pasar Argosari Gunung Kidul.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Sabtu (18/5/2019), makanan yang dijual seorang pedagang seperti ikan teri dan cumi ditemukan mengandung formalin. Sedang kerupuk mengandung boraks dan rhodamin B.

Dalam razia tersebut petugas BBPOM DIY mengaku sempat kesulitan dalam menemukan kerupuk mengandung rhodamin B yang biasa berwarna pink kini berwarna oranye kecokelatan dan ungu buah naga.

Para penjual ternyata mempunyai cara baru untuk mengecoh, yaitu dengan mencampur pewarna pakaian yang mengandung rodhamin B dengan zat pewarna lain. Seehingga warna kerupuk menjadi berubah dan tidak dikenali.

Fenomena baru pedagang yang menyamarkan zat berbahaya ini dinilai membahayakan kesehatan masyarakat. Guna menghindari ulah pedagang nakal yang menggunakan zat berbahaya, masyarakat diminta menghindari makanan-makanan berwarna-warni.

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2VAD6jq
May 18, 2019 at 05:51PM from Berita Terkini, Kabar Terbaru Hari Ini Indonesia dan Dunia - Liputan6.com http://bit.ly/2VAD6jq
via IFTTT

No comments:

Post a Comment