Pages

Saturday, April 27, 2019

Cuaca Ekstrem Terjang Bengkulu, Berikut Daftar Kawasan Banjir dan Longsor

Bengkulu juga dihajar bencana tanah longsor. Pantauan Liputan6.com sebanyak 5 titik longsor terdeteksi hingga Sabtu siang.

Longsor terparah terjadi di Desa Bajak 1 Kecamatan Taba Penanjung Bengkulu Tengah. Sebanyak 3 titik longsor menimbun akses jalan dari Provinsi Bengkulu menuju Sumatra Selatan. Longsor di ruas jalan ini juga mengakibatkan beberapa tiang listrik tegangan tinggi atau sutet tumbang.

Titik longsor lain terjadi di Desa Pagar Gading Kabupaten Bengkulu Selatan. Timbunan material longsor menutupi seluruh badan jalan dan tidak bisa dilewati kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Longsor juga terjadi di ruas jalan alternatif Kabupaten Bengkulu Tengah Menuju Kepahiang tepatnya di Desa Susup yang berdekatan dengan Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA Musi. Longsor mengakibatkan ruas jalan menjadi amblas di dua titik.

Dari data dihimpun, sebanyak 3 unit jembatan runtuh tergerus luapan banjir dan diterjang tanah longsor. Satu jembatan amblas terjadi di Desa Padang Tepung menuju Kecamatan Pasemah Air Keruh Kepahiang. Debit air yang tinggi mengakibatkan jembatan ini habis terbawa arus.

Jembatan lain yang juga tergerus terjadi di jalan utama Kota Bengkulu menuju Ibukota Kabupaten Bengkulu Utara tepatnya di persimpangan Desa Lubuk Durian. Meskipun belum amblas, tetapi jembatan ini sudah tidak bisa dilewati karena berbahaya. Gerusan luapan air mengakibatkan lubang menganga pada pangkal jembatan.

Jembatan di dalam Kecamatan Kota Manna, Ibukota kabupaten Bengkulu Selatan juga amblas pada sisi pangkal jembatan. Untungnya, jalur ini memiliki dua jembatan, Meskipun terjadi antrean kendaraan, tetapi salah satu jembatan yang bersebelahan masih bisa dilewati kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, meminta seluruh dinas yang memiliki alat berat untuk memobilisasi peralatan di titik longsor dan banjir supaya akses transportasi tetap berjalan alncar. Pihaknya juga meminta kepada perusahaan dan kontraktor yang memiliki alat berat juga ikut membantu mengatasi persoalan bencana ini.

"Segera atasi jangan sampai transportasi terhambat dan dibuat kajian teknis untuk itu," kata Rohidin Mersyah.

Gubernur Bengkulu menghimbau seluruh masyarakat untuk tetap tenang dan waspada

Let's block ads! (Why?)


http://bit.ly/2GNaoYI
April 27, 2019 at 03:01PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2GNaoYI
via IFTTT

No comments:

Post a Comment