Pages

Wednesday, December 5, 2018

Berpiranti Robotik, Berapa Harga Traktor 'Setan' dari Kebumen?

Proses lebih rumit juga ada pada modifikasi sistem kontrol kemudi. Wakhid menggunakan kabel rem sepeda motor sebagai penghubung kemudi traktor.

Kabel ini lantas dihubungkan ke kontrol mekanik robotik yang telah dipasang di atas traktor. Kabel rem itu berfungsi untuk kontrol belok dan gas.

Salah satu masalah yang kerap muncul adalah, traktor kerap ‘nyungsep’ atau ‘nungging’ lantaran beban mesin diesel di depan. Sebab, setang traktor yang biasanya diimbangi dengan beban pengemudi praktis kosong dan enteng.

“Penyeimbangnya menggunakan ban mobil bekas, sebagai pemberat bagian belakang,” jelasnya.

Sejak dioperasikan pertengahan November lalu, traktor setan ini telah membajak tujuh bau atau sekitar 5 hektare sawah. Namun, Wakhid mengakui traktor remote control ini masih jauh dari sempurna.

Kelemahan itu nampak saat traktor digunakan untuk wungkal atau membalik tanah. Masih dibutuhkan bantuan tenaga manusia agar hasil pengerjaannya bagus. Selain itu, traktor juga relatif lebih sulit dikontrol saat wungkal.

Sebaliknya, saat menggaru (meratakan dan menghaluskan lumpur) dan menggelebek (menghancurkan jerami dan lumpur) traktor remote ini sangat efektif.

Menimbang kelemahan ini, Wakhid pun sementara ini tak menerima pesanan traktor dari kalangan umum. Sementara ini, yang dilayani adalah kalangan terbatas, atau sesama pehobi teknologi robotik.

“Baru teman-teman saya yang pesan. Baru melayani tiga pemesan Pak. Belum berani menerima pesanan banyak-banyak,” ucap dia.

Dia belum berani memasarkan traktor remote control ini lantaran masih harus menguji coba daya tahan pengendali jarak jauh remotenya ini. Sebab, traktor ini baru beroperasi kurang dari satu bulan.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2AR5dmf
December 05, 2018 at 04:00PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2AR5dmf
via IFTTT

No comments:

Post a Comment