Pages

Wednesday, December 5, 2018

Belajar dari Kecelakaan Nh Dini, Pengemudi Harus Bisa Mendeteksi Bahaya Sejak Awal

Liputan6.com, Jakarta - Salah satu sastrawan besar yang dimiliki Indonesia, Nh Dini meninggal dunia, Selasa sore (4 Desember 2018). Novelis perempuan 82 tahun ini menghembuskan napas terakhirnya karena kecelakaan mobil.

Dalam video yang beredar, Toyota Avanza, yakni taksi dengan pelat H-1362-GG yang mengangkut Nh Dini mengalami kecelakaan dengan truk pelat nomor AD-1536-JU di KM 10 Tol Semarang. Mobil tersebut dihajar oleh truk yang sepertinya tidak mampu menanjak, dan akhirnya meluncur ke balakang dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Belajar dari kecelakaan tersebut, Pendiri sekaligus Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu, memang banyak yang harus diperbaiki dalam kontek masyarakat Indonesia yang belajar mengemudi dari pengalaman semata. Para pengemudi ini, sudah mengendarai mobil belasan sampai puluhan tahun hanya bermodalkan feeling dan keberuntungan.

"Seorang pengemudi yang baik, adalah yang bisa melakukan manuver terencana. Artinya, saat melakukan pengereman terencana, belok kiri terencana, belok kanan terencana. Bukan, karena gerakan manuver mendadak atau reflek," jelas Jusri saat berbincang dengan Liputan6.com, Rabu (5/12/2018).

Lalu, bagaimana seorang pengemudi bisa melakukan perencanaan mengemudi dengan kondisi jalan yang dinamis?

"Pertama, mendeteksi bahaya, yang mengancam dan berpotensi mengancam dirinya. Bahaya bisa datang dari depan, kiri, belakang, kanan, bahkan atas. Pastikan indera mata bisa mendeteksi segala potensi bahaya dan ancaman dari awal, dan ketika bahaya tidak terlihat, maka sikapi dengan meningkatkan kewaspadaan," tegasnya.

Sastrawan besar Indonesia Nh Dini meninggal dalam sebuah kecelakaan di jalan tol. Rekaman cctv menunjukan mobil yang dikendarai Nh Dini ditabrak sebuah truk.

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2BSVfT7
December 05, 2018 at 04:02PM from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com https://ift.tt/2BSVfT7
via IFTTT

No comments:

Post a Comment