Pages

Thursday, November 22, 2018

Faisal Basri Sebut Tol Laut Belum Tekan Biaya logistik

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom Faisal Basri mengkritisi program tol laut. Tol laut merupakan salah satu program unggulan pemerintah Jokowi-JK yang bertujuan meningkatkan konektivitas laut sehingga angkutan barang di darat bisa beralih ke jalur laut.

Faisal mengatakan program tol laut gagal sebab tidak terbukti menurunkan biaya logistik. Selain itu, saat ini angkutan barang masih terpusat di jalur darat diangkut dengan truk-truk besar.

“Yang mempersatukan pulau pulau itu kan laut, ngomongnya tol laut segala macam tapi gaka ada efeknya ke logistic cost tetap paling tinggi, 24 persen dari PDB,” kata Faisal dalam sebuah acara diskusi di Le Meridien, Jakarta, Kamis (22/11).

Faisal menjelaskan, kegagalan tol laut disebabkan belum mampunya program tersebut memikat perusahaan logistik yang selama ini menggunakan jalur darat. Meski sudah ada tol laut, mereka masih enggan berpindah dan tetap memilih menggunakan jalur darat.

“Karena tidak terjadi shifting angkutan barang dari darat ke laut. Tidak terjadi. Jadi omong doang namanya tol laut itu. Logistic cost gak pengaruh karena tetap 90 persen barang di Indonesia diangkkut lewat truk padahal negara maritim. Sementara di dunia, 70 persen barang diangkut pakai kapal. Padahal seluruh dunia kan bukan negara maritim seperti Indonesia,” tuturnya.

Reporter: Yayu Agustini Rahayu

Sumber: Merdeka.com

Let's block ads! (Why?)


https://ift.tt/2FDSIjx
November 22, 2018 at 03:48PM from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2FDSIjx
via IFTTT

No comments:

Post a Comment